Liburan ke Singapore bersama Garuda GA-830

  • 0
Tiket ke Singapore - zhorvans.net

Liburan ke Singapore bersama Garuda GA-830

zhorvans.net – Setelah cerita liburan tahun baru 2016 lalu ke Dubai yang agak ngga nyambung, sekarang mudah-mudahan bisa cerita perjalanan liburan ke Singapore bersama Garuda dengan nomor penerbangan GA-830 dari Bandara Soekarno-Hatta International Airport terminal 2 menuju Bandara Changi International Airport terminal 3.

Tiket liburan ke Singapore

Jadwal keberangkatan diperkirakan jam 9.30 Waktu Indonesia Barat (WIB) dan akan tiba di Singapore pada jam 12.30 waktu setempat, karena perbedaan waktu di Indonesia dengan Singapore adalah 1 jam lebih cepat di Singapore, jadi waktu tempuh perjalanan sebenarnya diperkirakan hanya 2 jam.

Perjalanan liburan ke Singapore

Selengkapnya mengenai jadwal penerbangan GA-830

Penerbangan GA 830 berangkat dari Bandara Soekarno-Hatta International, Jakarta pada pukul 09:30 dan tiba di Bandara Changi International, Singapore pada pukul 12:30. Menyadari ada perbedaan waktu 1 jam antara bandara-bandara ini.

Keberangkatan yang dijadwalkan setiap hari dan ini adalah penerbangan internasional.

Waktu penerbangan adalah kira-kira 2j 00m dan jarak perjalanan (“as the bird flies”) 369 Km., sehingga kecepatan rata-rata 184 Km.

Libur bersama Garuda GA-830

Persiapan

Untuk mempersiapkan perjalanan ke Singapura ada beberapa hal yang perlu kamu persiapkan, di antaranya adalah:

Paspor

Pastikan masa habis berlaku paspor kamu tidak kurang dari 6 bulan. Segera perpanjang paspormu jika masa berlakunya kurang dari 6 bulan. Jangan sampai kamu gagal berangkat hanya karena paspor yang belum diperpanjang. Sekarang untuk membuat paspor baru atau perpanjang paspor tidak perlu repot lagi, berkat sistem online.

SIM Card Lokal

Jika kamu ingin selalu online selama liburan di Singapura, saya sarankan untuk membeli SIM card lokal dari provider Singtel. Kartu SIM ini bisa didapatkan dengan mudah di toko-toko 7-11 (Seven Eleven). Pastikan kamu membawa paspor saat membelinya, karena kamu akan diminta menunjukkan paspor untuk verifikasi data. Harga SIM card hanya SGD 15, kamu akan mendapatkan saldo sebesar SGD 18. Sangat lebih dari cukup untuk langganan paket data selama seminggu di Singapura.

Pesan hotel budget murah

Biaya hidup di Singapura bisa dibilang cukup mahal. Maka dari itu, kamu perlu cerdik dalam mencari hotel murah berlokasi strategis di Singapura. Hotel chain seperti Fragrance Hotel adalah salah satu hotel budget yang recommended.

Waktu booking paling ideal adalah 1 bulan sebelum tanggal kedatangan, biasanya harganya lebih murah.

Alternatif penginapan

Jika kamu menginap di hotel dirasa masih mahal, masih ada alternatif lainnya dengan menginap di hostel. Perbedaaan hotel dengan hostel adalah di konsep kamarnya aja sih. Di hostel biasanya tipe kamarnya adalah dorm (seperti asrama gitu) dengan banyak tempat tidur. Rata-rata harga hostel di Singapura sekitar Rp100 ribuan untuk satu malam, yah kira-kira segituan-lah menurut pengalaman tahun lalu.

Tempat makanan halal

Bagi kamu yang beragama Islam, tersedia makanan halal di warung makan khas India dan Melayu. Menu yang saya suka dari masakan India adalah nasi briyani. Nasi briyani mirip seperti nasi goreng, hanya saja ada tambahan bumbu kare khas india yang membuat rasanya semakin mak-nyus!

Waktu dulu, saya juga menemuin warung makan khas Indonesia yang terletak tidak jauh dari hotel tempat saya menginap. Warung makan ini jadi tempat makan favorit saya selama di Singapore karena harganya murah. Selain itu, menu lauk pauknya mirip menu warteg. Satu porsi nasi dengan tahu dan telur goreng hanya dikenakan SGD 1.

Ikut City Tour gratis

Dan jangan lupa jika kamu lagi transit di Bandara Internasional Changi dan punya waktu setidaknya 5 jam maka kamu bisa ikutin Free Singapore Tour loh.

Selama tur, kamu akan dibawa melihat tempat bersejarah seperti Merlion Park, Colonial District, Chinatown dan Little India. Kamu juga akan diajak ke tempat terkenal seperti The Singapore Flyer, Gardens by the Bay, Marina Bay Sands dan The Esplanade. Lumayan kan?!

Cara supaya kamu bisa ikut tur ini, kamu tinggal nunjukin paspor dan boarding pass ke loket pendaftaran tur di Terminal 2 atau di Terminal 3. Tur ini kalo ngga salah dilakukan empat kali sehari dengan lama waktu sekitar dua jam. Tapi kayanya liat jadwal musim libur juga sih.

Sebelum semua persiapan itu direncanakan, ada baiknya berdoa terlebih dahulu yah, biar selama diperjalanan selamat dan tidak mengalami kejadian-kejadian yang tidak kita inginkan.

Persiapan liburan ke Singapore - zhorvans.net

Jangan lupa tukar mata uang lokal, untuk memudahkan transaksi di pasar tradisional setempat

 


Leave a Reply

Archives

Categories