Ternyata Gmail itu Tidak Aman

  • 0
gmail tidak aman

Ternyata Gmail itu Tidak Aman

Category : Email , Info , Share

Ternyata menggunakan email dari google [gmail] tidak aman

zhorvans.net – Layanan email gratis gari google yang memiliki kapasitas 15 gb, ternyata tidak aman loh. Karena dari sekian banyak pengguna, mereka tidak sadar bahwa karakter titik (.) pada username, diabaikan. Jadi bila ada pengguna yang namanya sama, tetapi beda pada titik (.), maka email tersebut akan mengkonfirmasi sebagai email default.

Ternyata gmail itu tidak aman

Ternyata gmail itu tidak aman

Contohnya: bila kalian mengirimkan email ke alamat thezhorvans@gmail.com maka bila ada pengguna dengan alamat email the.zhorvans@gmail.com pun akan menerima email yang sama dari anda.

Ternyata gmail itu tidak aman

Hal ini baru saya sadari ketika cek email yang sudah lama tidak digunakan, dan ternyata banyak sekali kiriman dari orang-orang yang tidak dikenal. Pertama sih saya berpikir bahwa email tersebut adalah spam, namun setelah dicek pada header email, ternyata hanya beda karakter titik (.) saja.

Email nyasar

Email nyasar

Tentu saja hal ini sangat merugikan pengguna, terlebih jika email tersebut sifatnya sangat rahasia. Menurut saya sangat disayangkan hal seperti ini terjadi. Apakah ini merupakan kelemahan atau ada hal pertimbangan lainnya sehingga bisa terjadi hal seperti ini.

Walaupun telah dijelaskan oleh google bahwa kedua email tersebut adalah milik orang yang sama, namun pada kenyataannya, saya tidak pernah bertransaksi ataupun melakukan registrasi apapun menggunakan email tersebut seperti yang terdapat pada inbox email ini.

Transaksi yang ada di inbox email

Transaksi yang ada di inbox gmail

Terlihat jelas bahwa pengguna lainnya aktif menggunakan email yang hampir sama namun beda titik ini. Sampai transaksi Internet Bankingnya pun ada di inbox saya, padahal emailnya beda! Inilah yang namanya gratisan, namun saya tidak melihat hal tersebut terjadi pada layanan email di yahoo!

Jangan disalahgunakan

Setelah kejadian tersebut, ada hal iseng terlintas dipikiran saya, bahwa kalau mau tau isi email seseorang atau gebetan, bikin aja email yang sama, tapi dibedakan dengan titik….. hehehe bisa kan?! Pasti dah email-email yang dikirimkan ke gebetan akan masuk juga ke inbox anda! wkwkwkw….

Tapi semoga hal ini adalah praduga saya semata sebagai orang awam di dunia seperti ini, namun patut diwaspadai juga sih, segala macam transaksi sampai file-file yang anda lakukan di email yang seharusnya bersifat pribadi, akan tetapi orang lain juga mengetahuinya.

Namun dengan kejadian seperti ini, menjadikan saya semakin waspada,,, bahwa tidak ada yang aman di dunia ini. Semoga artikel “ternyata gmail itu tidak aman” bermanfaat sebagai pengetahuan dan pembelajaran serta meningkatkan kewaspadaan terhadap hal-hal di dunia maya.


Leave a Reply

Archives

Categories